Rabu, 06 Desember 2017

PENGERTIAN, MANFAAT, TUJUAN SUPERVISI PENDIDIKAN

PERNGERTIAN SUPERVISI
Menurut para ahli – Supervisi adalah jika dilihat dari sudut etimologi, supervisi berasal dari kata “super” dan kata “vision” yang dimana masing-masing kata itu berarti atas dan juga penglihatan. Jadi kalau secara etimologis, Supervisi yaitu penglihatan dari atas. Definisi tersebut merupakan arti kiasan yang menggambarkan suatu posisi yang melihat berkedudukan lebih tinggi dari pada yang dilihat. Jadi dapat diartikan definisi Supervisi secara umum adalah pengarah serta pengendalian kepada tingkat karyawan yang berada di bawahnya dalam suatu organisasi atau kelompok. Orang yang menjalankan kegiatan supervisi biasanya di sebut dengan sebutan Supervisor. Yang di sebut Supervisor bukan hanya pejabat atau petugas dari kantor pembinaan saja, tapi kepala sekolah, para guru dan bahkan murid-pun dapat disebut sebagai supervisor, jika misalnya diserahah kan tugas untuk mengetuai kelas, organisasi ataupun kelompoknya. Sedangkan pengertian supervisi pendidikan adalah pembinaan yang berupa tuntunan atau pembinaan ke arah perbaikan situasi pendidikan pada umumnya serta peningkatan mutu mengajar, belajar dan juga belajar pada khususnya.

MANFAAT SUPERVISI PENDIDIKAN
Supervisi pada hakekatnya mempunyai manfaat yang sangat luas, seperti untuk
-Penelitian (research) → untuk memperoleh gambaran yang jelas dan objektif tentang suatu situasi pendidikan.
-Penilaian (evaluation) → lebih menekankan pada aspek daripada negative.
-Perbaikan (improvement) → dapat mengatahui bagaimana situasi pendidikan/pengajaran pada umumnya dan situasi belajar mengajarnya.
-Pembinaan → berupa bimbingan (guidance) kea rah pembinaan diri yang di supervisi.
 Sedangkan dalam pendidikan supervisi ini bermanfaat untuk meningkatkan profesionalisme guru dantenaga pendidik, karena dalam supervisi akan terjadi komunikasi dua arah antara yang disupervisi (yang dibina) dengan supervisor (pembina), adanya kritik, saran dan masukan dari supervisor sehingga profesionalisme guru dan tenaga pendidik meningkat dalam usaha perbaikan mutu pendidikan.

TUJUAN SUPERVISI PENDIDIKAN
a. Meningkatkan mutu kinerja guru membantu guru dalam memahami tujuan pendidikan dan apa peran sekolah dalam mencapai tujuan tersebut membantu guru dalam melihat secara lebih jelas dalam memahami keadaan dan kebutuhan siswanya. Membentuk kelompok yang kuat dan mempersatukan guru dalam satu tim yang efektif, bekerjasama secara akrab dan bersahabat dan saling menghargai satu dengan yang lainnya. Meningkatkan kualitas pembelajaran yang pada akhirnya meningkatkan prestasi belajar siswa Meningkatkan kualitas pengajaran guru baik itu dari segi strategi, keahlian dan alat pengajaran.Sebagai salah satu dasar pengambilan keputusan bagi kepala sekolah untuk reposisi guru.

b. Meningkatkan keefektifan kurikulum sehingga berdaya guna dan terlaksana dengan baik.

c. Meningkatkan keefektifan dan keefesienan sarana dan prasarana yang ada untuk dikelola dandimanfaatkan dengan baik sehingga mampu mengoptimalkan keberhasilan siswad.

d. Meningkatkan kualitas pengelolaan sekolah khususnya dalam mendukung terciptanya suasana kerja yangoptimal yang selanjutnya siswa dapat mencapai prestasu belajar sebagaim,ana yang diharapkan.e.

e. Meningkatkan kualitas situasi umum sekolah sehingga tercipta situasi yang tenang dan tentram sertakondusif yang akan meningkatkan kualitas pembelajaran yang menunjukkan keberhasilan lulusan.

1 komentar:

  1. How to make money using crypto for real money - Work
    I just want to make some money gambling with BTC; a real money BTC หารายได้เสริม casino deccasino with BTC, 메리트 카지노 주소 and a Bitcoin casino account.

    BalasHapus